Cara Jual Apartemen Cepat dan Menguntungkan

Cara Jual Apartemen Cepat dan Menguntungkan – Properti merupakan investasi yang sangat menguntungkan, dan terbukti memberikan keuntungan yang terus meningkat semakin besar setiap tahunnya terutama apartemen.

 

Apartemen juga merupakan jenis investasi yang dapat dikatakan serbaguna, selain keuntungan yang terus meningkat, fisiknya juga dapat digunakan dan dimanfaatkan sebagai tempat tinggal. Berbeda dengan investasi saham atau emas yang hanya dapat dilihat keuntungannya saja.

 

Hal tersebut juga yang menyebabkan properti menjadi sangat menarik untuk banyak orang, terutama para investor. Para investor ini biasanya memiliki sejumlah unit apartemen yang tidak digunakan sendiri, melainkan untuk dijadikan sebuah bisnis dengan prospek masa depan yang cerah.

 

Bisnis tersebut berupa menyewakan kembali apartemen, atau juga menjualnya dengan harga yang jauh lebih tinggi daripada saat dibeli. Namun untuk bisa menjual sebuah apartemen termasuk gampang-gampang susah karena ada banyak faktor dan strategi yang perlu kamu terapkan agar apartemen dapat terjual dengan cepat dan mengalahkan pesaing-pesaing lainnya.

 

Nah, untuk kamu yang sudah atau ingin menjadi seorang investor dan berbisnis apartemen, kamu sebaiknya mempelajari terlebih dahulu bagaimana cara jual apartemen cepat dan membuat properti kamu lebih menarik dibandingkan properti lainnya yang ada di lingkungan sekitar.

 

Perlu kamu pahami bahwa menjual sebuah properti akan jauh lebih sulit dibandingkan menjual aset bergerak seperti mobil atau motor. Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui cara jual apartemen cepat agar kamu bisa mendapatkan calon pembeli dengan mudah.

 

Di bawah ini ada beberapa poin yang bisa kamu jadikan pertimbangan ketika ingin menjual apartemen, dan juga cara-cara menjual apartemen dengan cepat serta mendapatkan keuntungan semaksimal mungkin.

 

Pertama-tama perhatikan dan pertimbangkan ketiga poin berikut ini:

 

  • Potensi kenaikan harga apartemen di lingkunganmu untuk beberapa tahun mendatang
  • Harga apartemen saat ini
  • Apakah apartemen adalah satu-satunya aset yang kamu miliki untuk membantu keuanganmu saat ini?

 

Setelah mempertimbangkan ketiga poin diatas, dan kamu sudah yakin akan menjual apartemen yang kamu miliki. maka selanjutnya adalah cara bagaimana agar apartemen kamu dapat terjual dengan cepat.

 

Yang pertama adalah, dengan melakukan renovasi atau perbaikan kerusakan apartemen jika memang ada kerusakan atau fasilitas yang sudah usang.

Renovasi Apartemen yang akan dijual

Untuk meningkatkan harga jual agar lebih tinggi, maka merenovasi apartemen dan membuatnya tampak lebih menarik dapat kamu lakukan.

 

Tidak perlu melakukan renovasi besar-besaran, kamu hanya perlu memperbaiki semua kerusakan yang ada termasuk yang paling kecil, dan melakukan beberapa perubahan kecil.

 

Beberapa hal yang bisa kamu lakukan ketika renovasi apartemen adalah:

 

  • Bersihkan semua sudut
  • Pastikan tidak ada bau yang tak sedap
  • Cat tembok dengan warna netral
  • Hindari dekorasi berlebihan
  • Singkirkan barang-barang personal Anda
  • Rapikan semua bagian
  • Ganti kran air, engsel pintu dan jendela, serta penyusun lainnya yang sudah karatan dan usang
  • Bersihkan dan rapikan balkon apartemen jika memang ada.

 

Nah, setelah apartemenmu memiliki tampilan yang maksimal, maka tidak sulit untuk menarik calon pembeli untuk melihat-lihat propertimu.

 

Cara jual apartemen cepat selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah menentukan harga properti.

Survei harga properti

Sebelum menentukan harga properti, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah melakukan survei di lingkungan sekitar agar kamu dapat mengetahui harga pasaran dan menetapkan harga jual apartemenmu.

 

Survei harga jual dapat kamu lakukan juga dengan bertanya kepada agen properti yang ada di kawasan tersebut, atau jika perlu kamu bisa melihat harga properti sejenis jika memang ada proyek-proyek baru yang sedang dibangun.

 

Melakukan survei juga tidak hanya dilakukan untuk mengetahui harga jual, tetapi kamu juga dapat mengetahui prospek properti di lingkungan tersebut pada masa mendatang, kamu bisa melihat fasilitas, infrastruktur, lokasi, dan pengembangan developer yang ada untuk mengetahui apakah harga jual properti akan mengalami kenaikan atau tidak.

Menetapkan harga jual properti

Cara jual apartemen cepat yang perlu kamu lakukan selanjutnya adalah menentukan harga jual. Cukup banyak pertanyaan yang bermunculan tentang bagaimana kita mengetahui harga wajar dari sebuah properti yang akan di jual, banyak orang yang takut menaruh harganya di rate yang terlalu mahal atau sebaliknya.

 

Oleh karena itu, untuk mengetahui nilai sebuah properti, khususnya apartemen, kamu harus tahu beberapa faktor yang mempengaruhi harga pasaran yang ada. Misalnya, fakot mikro, makro, lokasi, hingga konsistensi pemgembangan yang dilakukan oleh developer, karena semua faktor tersebut akan saling mempengaruhi harga pasaran apartemenmu.

 

Tentukan rate harga terbaik yang bisa kamu berikan kepada calon pembeli. Bila kamu mengalami kesulitan dalam menentukan harganya, maka kamu bisa meminta bantuan kepada appraiser atau perusahaan yang menilai nilai jual apartemenmu.

 

Jangan memasang harga terlalu tinggi melebihi pasaran jika kamu ingin apartemenmu cepat laku. Kamu juga bisa memutuskan untuk menjualnya sendiri atau melalui agen properti.

 

Seandainya kamu memutuskan untuk menjualnya sendiri, kamu sebaiknya mengetahui beberapa hal berikut ini:

 

  • Cara pasang iklan apartemen yang dapat menarik calon pembeli
  • Kepada siapa kamu ingin menjualnya
  • Berapa harga paling rendah yang bisa kamu berikan jika terjadi negosiasi

 

Setelah itu, kamu akan memerlukan jasa notaris yang dapat mengurus dokumen-dokumen penjualan apartemen milikmu. Sedangkan jika kamu menggunakan agen properti, maka biasanya mereka akan membantumu mengurusnya sebagai bagian pelayanan dari komisi yang mereka dapatkan.

 

Meskipun memerlukan biaya lebih atau dapat mengurangi keuntungan, tetapi menggunakan agen properti dapat membuatmu lebih mudah dalam menjual apartemen, kamu juga tidak perlu repot mengurus segala sesuatunya, mulai dari pasang iklan apartemen hingga pembuatan kontrak sewa.

 

 

 

 

Pilih penawaran terbaik

Dalam proses jual beli properti, usahakan untuk tidak langsung menerima penawaran calon pembeli pertamamu. Beri jangka waktu tertentu agar kamu bisa mendapatkan calon pembeli lainnya dan memperoleh penawaran yang lebih baik.

 

Kamu bisa menampung seluruh penawaran yang datang terlebih dahulu, dan menegosiasikan harga terbaik yang bisa kamu berikan kepada calon pembeli. Setelah kamu menemukan calon pembeli yang cocok dan merasa bahwa itulah penawaran terbaik yang bisa kamu dapatkan, maka kamu bisa langsung menyetujuinya agar calon pembeli tersebut tidak pindah ke properti lain.

Memasarkan properti dengan baik

Untuk mendapatkan banyak tawaran yang bisa memaksimalkan keuntungan, tentunya kamu membutuhkan banyak calon pembeli yang tertarik dengan properti yang kamu jual.

 

Oleh karena itu, pasang iklan apartemen dan memasarkannya adalah salah satu tugas yang perlu kamu lakukan untuk jual apartemen dengan cepat. Kamu bisa mulai dengan pasang iklan di koran, majalah, media sosial, portal berita, hingga situs jual properti online.

 

Salah satu situs jual properti online terbaik yang bisa kamu coba, adalah Jendela360. Sebagai platform jual apartemen terbesar di Indonesia, Jendela360 menawarkan segala kemudahan dalam menjual apartemen yang bisa kamu dapatkan secara gratis.

 

Salah satunya adalah fitur 360 Virtual Tour, dimana fitur ini dapat membuat properti milikmu dua kali lebih cepat laku daripada saat kamu memasarkannya sendiri. Terlebih lagi di era pandemi yang membuat orang lebih memilih untuk berada di dalam rumah, dan dengan fitur 360 virtual tour calon pembeli dapat melihat apartemenmu seolah mereka sedang berada di lokasi langsung.

Comments are closed.